Sabtu, 31 Mei 2008

Perang Lombok 1894 -1896

Wacana Penerjemah.

       Sejarah Lombok memang luar biasa dalam upaya mempertahankan kedaulatan rakyat Indonesia melawan imperialisme dan kolonialisme Belanda.  Tercatat dalam perang itu, Belanda mengalami kerugian yang paling besar di antara perang-perang lain di Indonesia ( Rosihan Anwar ). Hal ini dicatat langsung oleh saksi mata, C. Coeln dan dibukukan di negerinya dalam bahasa Inggris, yang kami terjemahkan dan akan dimuat dalam blog ini.
      Sayang, 100 tahun kebangkitan bangsa sejak deklarasi kebangkitan nasional 1908 lalu. Ternyata,  kebesaran perang Lombok lenyap,  tidak diapresiasi oleh generasi pelanjutnya untuk sertamerta menghargai perjuangan para pahlawan pembela tanah air yang gugur membela tanah Lombok dari tangan penjajah. Karena sampai sekarang belum ada nama pahlawan yang dapat diajukan secara resmi untuk dijadikan pahlawan nasional. Semoga dengan dimuatnya dalam blog ini ada wirasa yang timbul dari generasi penerus pemerhati sejarah bangsa.
      
Raden Kerta Winangun Wangsa

1 komentar:

eko mengatakan...

saudara... bisa minta terjemahan bukunya. terima kasih. kalo dalam bentuk ebook mohon dikirimkan ke email : eko_susilo5@yahoo.com.

terima kasih